Sejarah Singkat Fakultas Pertanian

Hallo readers untuk pembuka admin bakal cerita sedikit sejarah Fakultas Pertanian UNMER Pasuruan nih.
Ada pepatah mengatakan *tak kenal maka tak sayang* biar sayang yuk kenalan 😍

Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan didirikan pada bulan April 1985 dan resmi mendapatkan status terdaftar pada tanggal 9 April 1987 berdasarkan SK Mendikbud No. 0199/O/1987. Didirikannya Fakultas Pertanian merupakan salah satu syarat untuk berdirinya suatu Universitas yaitu selain adanya fakultas non eksak juga wajib ada sedikitnya satu fakultas eksak. Mengingat bahwa Pasuruan merupakan daerah agraris dan juga terdapat Pusat Penelitian Gula Indonesia yang memiliki banyak tenaga ahli di bidang pertanian, maka didirikanlah Fakultas Pertanian dengan tujuan untuk mendidik lulusan Sekolah Menengah Umum maupun kejuruan menjadi Sarjana Pertanian yang mandiri.
Pada awal berdirinya, Fakultas Pertanian hanya memiliki satu jurusan yaitu Agronomi yang sekarang berdasarkan SK Mendikbud No. 0411/U/1984 tentang Kurikulum Program Sarjana Pertanian yang berlaku secara Nasional, namanya berubah menjadi jurusan Budidaya Pertanian.
Kemudian Sejak tahun 2008, berdasarkan SK Dirjen Dikti nomor 163/DIKTI/Kep/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi di Perguruan Tinggi, Fakultas Pertanian UNMER Pasuruan mengganti program studi Budidaya Pertanian menjadi Agroteknologi–hingga saat ini.